FAKTOR KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN ONLINE BUSINESS PADA PRODUK KULINER DI KOTA MALANG

  • Sarbini Sarbini

Abstract

Perkembangan kuliner di kota malang dari tahun ketahun mulai 2010 terus mengalami peningkatan jumlah pebisnis kuliner dan kenaikan nilai transaksi, dengan bertambahnya penjual kuliner pesaingan akan semakin ketat. Tiga faktor yang mempengaruhi konsumen kuliner online dalam mengambil keputusan membeli meliputi konteks produk , konten produk dan komentar konsumen sebelumnya (E Word of Mouths) . Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi pembeli online dalam mengambil keputusan membeli. Dengan mengetahui faktor konsumen  online dalam memutuskan keputusan membeli produk kuliner, maka dapat membantu penjual kuliner di Malang dalam mendesign, info produk yang diperlukan atau melakukan progress untuk mendorong komentar pada halaman digitalnya dengan lebih effesien. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kontex iklan tidak berpengaruh pada mahasiswa dengan sebaran 18 tahun sampai 35 tahun, sedang pengaruh konten memiki pengaruh sedikit pada keputusan mahasiswa membeli lewat online. Pengaruh terbesar adalah rekomendasi dari pemakai terdahulu ( word of mouth) pada keputusan membeli online. Penelitian berikutnya bisa mengembangkan segmen pasar penelitian yang lebih luas dan mengembangkan penelitian berikutnya dengan variable wom sebagai intervining variable pada pengaruh contex dan conten iklan online pada keputusan membeli konsumen lewat online.
Published
2019-04-01
Section
Articles