PENGGUNAAN ANALISIS SPACE DAN SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK BUBUK SARI KEDELAI DAN KACANG HIJAU MARASAKE

  • Agustin Sukarsono

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kunci terpenting dalam dunia bisnis. Memasarkan barang atau jasa tidak berarti hanya menawarkan atau menjual melainkan lebih luas dari itu, suatu bisnis dikatakan berhasil dapat dilihat dari bagaimana kegiatan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang cocok untuk Bubuk Sari Kedelai dan Kacang Hijau Marasake pada KOPPONTREN POMOSDA.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SPACE dan SWOT yang didalamnya terdapat faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil dari internal dan eksternal perusahaan diketahui bahwa KOPPONTREN POMOSDA telah mempunyai strategi yang baik untuk mengantisipasi ancaman dan mempertahankan keunggulan produknya. Penentuan strategi dengan menggunakan analisis SPACE mendapatkan hasil y=1 dan x=2,25 dapat diketahui bahwa KOPPONTREN POMOSDA telah mempunyai strategi yang agresif dalam pemasarannya. Pada strategi SWOT IFE=2,7 dan EFE 3,05, KOPPONTREN POMOSDA dari segi internalnya sudah baik, namun dari sisi ancaman juga kuat karena banyaknya kompetitor-kompetitor yang mempunyai produk bubuk sari kedelai dan kacang hijau.

Published
2019-08-02
Section
Articles