PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK SUSU SAPI MULK DI CV. MAKARTI POMOSDA TANJUNGANOM NGANJUK

  • Lindasari Pratiwi
  • Sukarni Sukarni
  • Agustin Sukarsono

Abstract

Pemasaran adalah ujung tombak suatu usaha yang tidak bisa dianggap remeh bagi pelaku usaha untuk mempertahankan keberlangsungan sebuah unit usaha. CV. Makarti Pomosda dalam hal ini yaitu Produk susu sapi Mulk telah mengalami penurunan volume penjualan. Jika hal ini terus dibiarkan tanpa ada tindakan yang masif akan berdampak buruk terhadap keberlangsungan suatu usaha. Pendekatan yang dilakukan menggunakan bauran pemasaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada produk susu sapi Mulk di CV. Makarti Pomosda Tanjunganom, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan alat SPSS 20. Populasi yang digunakan adalah pelanggan susu sapi Mulk. Sampel yang digunakan sebanyak 72 responden dan menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuisioner. Taknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan  hasil  analisis variabel bauran pemasaran terhadap volume penjualan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Hal ini didasari dari hasil analisis data menggunakan SPSS 20 menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung = 6,149;  t tabel = 1,669) dengan nilai probabilitas (p-value) sebesar 0,00 lebih kecil dari alpha 10% (Sig. 0,1). Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,351. Yang berarti bahwa terdapat pengaruh bauran pemasaran sebesar 35,1% terhadap volume penjualan. Sedangkan 64,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2020-04-09
Section
Articles