STRATEGI PEMASARAN PRODUK BERBASIS E-MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

STUDI DI UPT WASERDA TANJUNGANOM NGANJUK

  • Agustin Sukarsono
  • Amirul Irsyad Attaqi

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat dalam sektor industri menjadi kondisi yang perlu dipikirkan dan ditindaklanjuti supaya tidak menjadi tertinggal. Dengan adanya industri 4.0 yang memberikan dampak signifikan dalam perkembangan dunia bisnis, maka diperlukan strategi dan metode yang tepat supaya sesuai dengan kondisi dan situasi yang benar terjadi. Strategi berbasis marketplace dalam ranah e-commerce adalah alat pemasaran yang kini berkembang dengan pesat. Bahkan dalam setiap perusahaan kontemporer, sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan strategi penjualan di dunia maya. Dalam penelitian ini, Waserda sebagai objek penelitian pun sudah menggunakan e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan hal itu, penulis ingin tahu sejauh mana pemasaran marketplace akan berdampak pada penjualan di Waserda. Metode pengambilan data yang dipakai oleh penulis adalah wawancara terhadap karyawan perusahaan. Sedangkan analisa yang digunakan dari data yang terkumpul adalah metode analisis SWOT dan QSPM. Dalam penelitian ini penulis merumuskan strategi apa yang paling efektif dan sesuai dengan keadaan perusahaan untuk meningkatkan penjualan, dalam penelitian ini Waserda. Hasil penelitian yang didapat, terbukti bahwa strategi yang paling efektif dan sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini adalah strategi penetrasi pasar (Market Penetration). Alternatif strategi penetrasi pasar ini mendapatkan skor 6,08, lebih tinggi dari pada strategi pengembangan produk dengan skor 5,81. Strategi Penetrasi Pasar (Market penetration) adalah strategi yang bertujuan untuk meningkatkan pengsa pasar dengan usaha pemasaran yang lebih intensif supaya penjualan meningkat.

Published
2021-12-25