STRATEGI MARKETING MIX DENGAN KONSEP 4P (PRICE, PRODUCT, PLACE, PROMOTION) DI PT.OXYPLAST INDONESIA
Abstract
Industri powder coating yang ada di Indonesia masih belum familiar dibandingkan dengan industri cat liquid ini dikarenakan masih belum banyak yang mengetahui akan keunggulan dan kelebihannya, di samping itu itu proses coating memerlukan banyak modal mulai peralatan maupun saat prosesnya yang membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk memulai usaha yang menggunakan powder coating. Untuk dunia industri yang bergerak dalam logam yang membutuhkan pelapis sangat mengerti akan hasil dan kualitas. Seiring dengan perkembangan industri powder coating berbagai strategi dilakukan oleh setiap perusahaan powder coating agar dapat bertahan dan menjawab tantangan di tengah persaingan yang semakin tajam. Industri powder coating dengan dibukanya kran perdangan yang bebas yang mana produk luar negeri bisa masuk di indonesia merupakan tantangan yang tak bisa dihindarkan bagi industri powder coating yang ada sebelumnya. Dengan jumlah produsen yang semakin hari semakin banyak maka diperlukan strategi gimana bisa merebut pangsa pasar yang sudah ada. Untuk mencapai harapan dan tujuan suatu perusahaan diperlukan suatu strategi maupun jurus – jurus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik guna mendapatkan hasil penjualan yang lebih banyak yang secara otomatis memperlancar keberlangsungannya suatu perusahaan dalam perebut pangsa pangsa. Marketing Mix atau Bauran pemasaran adalah suatu alat untuk meningkatkan suatu penjualan dalam suatu perusahaan. Marketing Mix ini merupakan rangkaian strategi yang meliputi promosi, produk. harga maupun distribusi yang tepat sasaran dalam meningkatkan suatu penjualan. Untuk pengembangan produk maupun spesifikasinya dibuat sesuai apa yang diharapkan pelanggan dengan cara melakukan survei maupun wawancara dengan pelanggan langsung, Untuk promosi dilakukan beberapa langkah yang baik menggunakan media sosial maupun langsung ke pelanggan yang sudah ada yaitu pelanggan tetap maupun pelanggan tidak tetap, Untuk harga menjelaskan ke pelanggan ketentuan harga menyesuaikan spesifikasi kualitas dan kegunaan produk tersebut dan harga raw material yang digiunakan, Distribusi dilakukan melalui beberapa chanel baik langsung maupun tidak langsung yang mana strategi ini digunakan untuk mempercepat produk digunakan pelanggan. Dalam menetapkan harga produknya PT Oxyplast Indonesia mempertimbangkan berbagai faktor, seperti kondisi perekonomian, persaingan antar produsen powder coating, jumlah total pembelian. PT. Oxyplast Indonesia melakukan pendistribusian atau penjualan secara langsung kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Untuk pelanggan tetap PT Oxyplast Indonesia merupakn pelanggan yang sudah tercatat di data base perusahaan, untuk pelanggan tidak tetap merupakan pelanggan yang belum tercatat di data base atau pelanggan yang belum pernah menggunakan produk PT Oxyplast Indonesia. Dalam melakukan strategi pemasaran dan penjualan perusahaan membuat website penjualan dan tim sales yang handal.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.