BALANCED SCORECARD DAN PENERAPANNYA DALAM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN

  • Sudarto Sudarto

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada karyawan AJB X di Kota Batu yang digunakan sebagai obyek penelitian. Alasan penelitian di lakukan terhadap karyawan AJB X di KotaBatu karena di Malang raya khususnya Batu banyak menjamur asuransi yang mana akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan itu sendiri. Penilaian kinerja karyawan pada perusahaan sangat di perlukan oleh kantor AJB X di kota Batu. Dalam hal ini adalah bagaimana tingkat penilaian kinerja karyawan kantor AJB X di kota Batu selama ini bila diukur dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard yang mana terdapat faktor: Finansial, Konsumen, Proses bisnis internal Pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil  penelitian ini menunjukkan market share pada kantor AJB X di kota Batu mengalami peningkatan dengan mencapai nilai rata-rata sebesar 31.14%. Kantor AJB X di kota Batu tetap mempertahankan daya saing, suku bunga, memperlebar segmen pasar guna memenuhi kebutuhan dan jumlah  nasabah, dalam penelitian ini juga menunjukkan peningkatan yang mengindikasikan bahwa produktivitas karyawan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk tingkat kepuasan karyawan menunjukkan nilai skor rata-rata keseluruhan 4.48. Angka tersebut menunjukkan hasil yang baik/puas. Keempat faktor yang paling dominan adalah perspektif keuangan, karena fokus utama dari kantor AJB X di kota Batu adalah pencapaian laba dan terhitung sebagai perusahaan yang dapat mencapai cost effectiveness.
Published
2018-08-05
How to Cite
[1]
S. Sudarto, “BALANCED SCORECARD DAN PENERAPANNYA DALAM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN”, SISTEM, vol. 14, no. 2, pp. 18 - 29, Aug. 2018.
Section
Articles