STUDI KELAYAKAN HOME INDUSTRY BONSAY (ABON SAYUR) ANALISIS ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

  • Nur Muflihah
  • Retno Eka Pramitasari
  • Rahma Ramadhani

Abstract

Dampak dari Adanya revolusi industri 4.0 menyisakan permasalahan yang cukup mendasar antara lain yaitu keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM), dimana UKM di Indonesia masih sangat tertinggal dan potensi sumber daya alam yang masih kurang dioptimalkan. Komoditas paling banyak dijumpai di daerah pedesaan yaitu jantung pisang dan daun kelor. Oleh karena itu, inovasi olahan produk makanan sangat diperlukan, salah satunya pengolahan jantung pisang dan kelor menjadi abon sayur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan home industry abon sayur ditinjau dari aspek respon pasar dan kinerja produk. Berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa respon terhadap bonsay sangat baik yaitu 45% menyatakan sangat puas, dan hanya 11% menyatakan kurang puas. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier. Analisis regresi meliputi uji validitas dan reliabilitas, dan uji determinasi. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai cronbach’s alpha 0,917 (reliabel) dan valid (skor item 0,5-0,9), pearson correlation 0,742 (hubungan yang signifikan antar variabel) dan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,707 (kinerja berpengaruh 70,7% terhadap respon pasar).

Published
2019-08-01
How to Cite
[1]
N. Muflihah, R. Pramitasari, and R. Ramadhani, “STUDI KELAYAKAN HOME INDUSTRY BONSAY (ABON SAYUR) ANALISIS ASPEK PASAR DAN PEMASARAN”, SISTEM, vol. 15, no. 2, pp. 1 - 7, Aug. 2019.
Section
Articles