PENGGUNAAN ANALISIS SPACE DAN SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK BUBUK SARI KEDELAI DAN KACANG HIJAU MARASAKE
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu kunci terpenting dalam dunia bisnis. Memasarkan barang atau jasa tidak berarti hanya menawarkan atau menjual melainkan lebih luas dari itu, suatu bisnis dikatakan berhasil dapat dilihat dari bagaimana kegiatan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang cocok untuk Bubuk Sari Kedelai dan Kacang Hijau Marasake pada KOPPONTREN POMOSDA.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SPACE dan SWOT yang didalamnya terdapat faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil dari internal dan eksternal perusahaan diketahui bahwa KOPPONTREN POMOSDA telah mempunyai strategi yang baik untuk mengantisipasi ancaman dan mempertahankan keunggulan produknya. Penentuan strategi dengan menggunakan analisis SPACE mendapatkan hasil y=1 dan x=2,25 dapat diketahui bahwa KOPPONTREN POMOSDA telah mempunyai strategi yang agresif dalam pemasarannya. Pada strategi SWOT IFE=2,7 dan EFE 3,05, KOPPONTREN POMOSDA dari segi internalnya sudah baik, namun dari sisi ancaman juga kuat karena banyaknya kompetitor-kompetitor yang mempunyai produk bubuk sari kedelai dan kacang hijau.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.