EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENJADI SIMPANG BERSINYAL
Studi Kasus Persimpangan Jl. S. Supriadi – Jl. Klayatan 3 Kota Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perubahan simpang tak bersinyal menjadi simpang bersinyal ditinjau dari kinerja simpang pada simpang Jl. S.Supriadi – Klayatan 3 kota Malang. Skenario perbaikan kinerja simpang dengan perbaikan geometrik simpang dan pemasangan rambu masih belum menghasilkan kinerja yang baik. Maka pada artikel ini akan dilakukan scenario perbaikan simpang dengan memasang lampu lalulintas. Pengembangan dan pengolahan data lalulintas dilapangan di lakukan dengan survei arus lalulintas, pengukuran kondisi geometrik. Pengolahan data dilakukan dengan metode MKJI 1997. Hasil Penelitian dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil perhitungan dilapangan dapat diketahui bahwa kapasitas Simpang Jl. S. Supriadi – Jl. Klayatan 3, pada pendekat Utara Derajat Kejenuhan (DS) = 0,856, pendekat Barat Derajat Kejenuhan (DS) = 0,868, pendekat Selatan Derajat Kejenuhan (DS) =0,864. Tundaan simpang rata-rata di simpang Jl. S. Supriadi – Jl. Klayatan 3 diperoleh sebesar 48,3 det/smp, didapat nilai LoS adalah E. Ditinjau dari kinerja simpang, aplikasi lampu lalulintas layak di operasikan pada simpang Jl. S. Supriadi-Jl. Klayatan 3.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.