EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX)
STUDI KASUS JALAN TULUS BESAR - NGADAS KABUPATEN MALANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan serta mengetahui nilai dari kondisi perkerasan jalan pada Jalan Tulus Besar – Ngadas Kabupaten Malang dengan menggunakan Pavement Condition Index (Metode PCI). PCI (Pavement Condition Index) adalah sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan jalan. Hasil Penelitian Menunjukkan terdapat 5 macam kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Tulus Besar-Ngadas kabupaten Malang ini. Jenis kerusakannya adalah tambalan (Patching), retak kulit buaya (Alligator Cracking), Pelapukan dan Butitran Lepas (Weathering and Raveling), Lubang (Pothole), dan yang terakhir gelombang (Corrugation). Nilai rata – rata PCI sebesar 43,93 yang menunjukkan kondisi perkerasan jalan dalam kondisi Sedang/Fair, sehingga perlu suatu penanganan serius dari pihak yang berwenang untuk segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan menjadi lebih parah.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.