PERENCANAAN STRATEGI UNTUK MEWUJUDKAN GREEN CORPORATE IMAGE DI PT. XXX, Tbk

  • Sudarto '

Abstract

Sejak isu pemanasan global yang lebih dikenal dengan global warming ramai dibicarakan orang, secara drastis kesadaran lingkungan menjadi hal penting dalam kehidupan manusia. Go Green itu merupakan propaganda yang biasa digunakan dalam kampanye peduli lingkungan. Saat ini corporate Image perusahaan mengadopsi konsep Green, hal ini dilakukan tidak semata memenuhi peraturan pemerintah dan Standard Internasional, tetapi juga merupakan bukti kepedulian dengan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. Pada penelitian ini dikembangkan strategi-strategi pencitraan perusahaan yang dapat mewujudkan green corporate image. Dalam penelitian ini terdapat 4 tahap penelitian: Mencari Standard “Greenâ€: ISO 26000, UU  PT No.40 TH.2007 Pasal 74,UU Penanaman Modal No.25 Th.2007. Corporate Image PT  XXX, Tbk. Pada divisi pemasaran dan penjualan, Identifikasi Gap, Merencanakan  strategi  Green Corporate Image. Dalam penelitian ini mengggunakan untuk menguji Validitas dan Realibilitas dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 dan QFD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapat kesimpulan 6 strategi prioritas. Strategi utama yang dilakukan  PT HM Sampoerna,Tbk antara lain; Praktik Bisnis Yang Memiliki Tanggung Jawab Sosial, Kegiatan Yang Terkait Sosial, Kegiatan Kemasyarakatan Korporat, Pekerja Sosial Kemasyarakatan Secara Sukarela, Promosi  Kegiatan Sosial, Mentraining dan meningkatkan pengetahuan karyawan. Selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan menjadi Standard Operation Prosedure (SOP) sebagai pelaksanaan strategi yang diusulkan. Dengan dikembangkan SOP diharapkan perusahaan dapat melakukan perbaikan berklanjutan untuk meningkatkan kinerja.
How to Cite
[1]
S. ’, “PERENCANAAN STRATEGI UNTUK MEWUJUDKAN GREEN CORPORATE IMAGE DI PT. XXX, Tbk”, SISTEM, vol. 11, no. 1, pp. 45-56, 1.
Section
Articles