EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 3-KAKI JL. MULYOREJO – JL. TEBO SELATAN (SIMPANG MULYOREJO)

  • Lila K. Wardani

Abstract

Tri Bina Cita merupakan semangat yang diusung oleh Kota Malang di setiap tujuan pembangunannya. Adalah Kota Pendidikan, Kota Industri, dan Kota Pariwisata yang menjadi potensi daya saing Kota Malang dibandingkan dengan negeri lain. Keunggulan tersebut membuat Kota Malang menjadi salah satu kota tujuan tempat tinggal yang ideal dan menarik banyak pendatang. Data-data kependudukan memperlihatkan kenaikan pertumbuhan penduduk sekitar 0,69%/tahun. Hal ini berpengaruh pula pada kepemilikan dan penggunaan kendaraan bermotor yang setiap tahunnya turut mengalami kenaikan. Dampak dari hal tersebut adalah akan lebih banyak pergerakan kendaraan bermotor di jalan raya yang akan membebani kinerja jalan. Simpang Tak Bersinyal 3-kaki Jl. Mulyorejo – Jl. Tebo Selatan (Simpang Mulyorejo) merupakan salah satu persimpangan yang berada di daerah Bandulan Baru yang termasuk dalam wilayah Malang Barat. Meskipun tidak terletak di pusat kota, posisi dari Simpang Mulyorejo sangat strategis. Lokasi persimpangan dekat dengan Terminal Mulyorejo dan berada di jalur dari dan menuju Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Pada peak hour pagi dan sore hari di persimpangan tersebut lalu lintas sangat padat dan tidak jarang terjadi kemacetan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan eksisting Simpang Mulyorejo, serta memperkirakan kondisinya pada 5 tahun mendatang. Sebagai bentuk evaluasi kinerja juga akan dilakukan pelebaran jalan pada kaki simpang timur, yaitu Jl. Tebo Selatan, yang merupakan ruas jalan padat yang mengubungkan ke pusat Kota Malang. Pada kajian ini didapatkan kinerja Simpang Mulyorejo pada kondisi eksisting adalah Volume=1828 smp/jam, DS=0,895; Tundaan Simpang=15,56 detik/smp; LoS=C dan pada kondisi 5 tahun mendatang didapatkan kinerja Simpang Mulyorejo adalah Volume=2311 smp/jam, DS=1,132; Tundaan Simpang 23,89 detik/smp; LoS=D. Setelah pelebaran terjadi didapatkan kinerja Simpang Mulyorejo pada kondisi volume saat ini DS turun sebesar 1,89% dari 0,895 menjadi 0,878; tundaan simpang turun dari 15,56 menjadi 15,06 detik/smp; dan LoS tetap, yaitu C dan pada kondisi volume 5 tahun mendatang, DS turun sebesar 1,94% dari 1,132 menjadi 1,110; tundaan simpang tetap pada angka turun dari 23,89 menjadi 26,10 detik/smp; dan LoS tetap, yaitu D.

Published
2022-04-28
How to Cite
[1]
L. Wardani, “EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 3-KAKI JL. MULYOREJO – JL. TEBO SELATAN (SIMPANG MULYOREJO)”, SISTEM, vol. 18, no. 1, pp. 41 - 46, Apr. 2022.
Section
Articles