PROYEK PENINGKATAN JALAN DENGAN ASPAL MODIFIKASI PG – 70 (KM. SBY. 80+080 – KM. SBY. 90+080) RUAS JALAN BTS. KOTA TUBAN – PAKAH (JAWA TIMUR)
Abstract
Pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan merupakan bagian dari pekerjaan terbesar, yakni pembangunan infrastruktur, yang menjadi tanggung jawab Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Memiliki banyak proyek pada setiap tahun anggaran merupakan hal yang wajar bagi Kementerian Pekerjan Umum Dan Perumahan Rakyat. Oleh sebab itu, Kementerian PUPR sebagai project owner harus lebih selektif dalam memilih kontraktor untuk pelaksanaan setiap proyeknya dan menerapkan pengendalian performansi proyek. Proyek yang akan menjadi obyek penelitian adalah “Proyek Peningkatan Jalan Ruas Jalan Bts. Kota Tuban – Pakah (Jawa Timur)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performansi proyek dengan cara membandingkan antara rencana awal dengan realisasi pelaksanaan yang telah dilakukan, serta untuk menganalisis dan menentukan faktor-faktor penyebab ketidaksesuaian antara performansi pada rencana awal dengan realisasi pelaksanaan. Proses pengendalian performansi proyek dimulai dengan pengumpulan data. Hasil akhir dari pengolahan data di atas adalah dalam bentuk usulan untuk memperbaiki ketidaksesuaian yang ditemukan selama proses analisis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah proyek ini mengalami kemajuan fisik setiap minggu yang mendekati rencana awal (berada dalam kuadran “marginal”) dan selesai tepat waktu sesuai dengan rencana awal.
Copyright (c) 2023 Satria Happy Dimas Rio Luviyanto, Judiono Judiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.