ANALISIS KELAYAKAN PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR TUBAN SECARA EKONOMIS DENGAN METODE DESKRIPTIF KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Abstract
Kabupaten Tuban menempati posisi yang sangat strategis, hal ini dikarenakan letaknya yang merupakan jalur utama pada lintas utara pulau jawa. Jalan raya sangat berpengaruh penting terhadap kehidupan sehari-hari untuk manusia. Sehingga dari itu semakin tingginya jumlah kepemilikan kendaraan karena pertumbuhan manusia setiap tahunnya, membuat hal tersebut berkurangnya sumber daya untuk pembangunan jalan raya dan juga belum optimalnya pengoprasian fasilitas arus lalu lintas yang ada. Tujuan yang utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui volume kendaraan, besar hambatan samping, dan besar derajat kejenuhan di ruas jalan eksisting Kota Tuban dan ruas eksisting Lingkar Tuban. Penelitian berdasarkan aspek teknik yang didasarkan pada pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI,1997). Metode yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, berdasarkan data obervasi, survey lapangan, dan literatur. Dengan hasil yang didapat bahwa volume lalu lintas terhadap Jalan Lingkar Tuban menunjukan kondisi lalulintas pada jalan “eksisting” telah mulai mendekati kondisi yang “jenuh” dengan nilai derajat kejenuhan = 0,697. Hasil analisis kelayakan dari segi ekonomi menggambarkan bahwa Pembangunan terhadap Jalan Lingkar Tuban “Layak” Secara Ekonomi, dimana nilai BCR = 3.26 > 1 serta nilai NPV = Rp 431.825.634.817,22. > 0.
Copyright (c) 2023 Aski Wilantiko, Judiono Judiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.