IDENTIFIKASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DALAM MENENTUKAN METODE PENANGANAN JALAN

  • Sony Sandi Santoso
  • Ikhwanuddin Ikhwanuddin
  • Yayu Sriwahyuni
Keywords: Kerusakan jalan, Overlay, Patching

Abstract

Jalan raya Mastrip Karangpilang Surabaya merupakan salah satu infrastruktur yang menunjang perekonomian, juga berperan dalam kemajuan dan perkembangan daerah Surabaya. Membangun perekonomian suatu daerah, infrastruktur jalan merupakan fungsi utama. Kondisi tersebut akan menyebabkan terjadinya perubahan pada ngkutan barang dan jasa yang semakin meningkat  di jalan raya Mastrip dalam aspek volume dan berat muatan, yaitu akan membebani jalan. Akibat perubahan tersebut, seringkali jalan raya Mastrip mengalami kerusakan yang sangat mengganggu sehingga dapat membahayakan aktifitas masyarakat. Kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan koneksi antar wilayah. Sehingga perlu adanya analisa yang membahas mengenai kerusakan jalan raya mastrip tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  desktiptif  survey dengan tinjauan analisa permasalahan menggunakan metode Bina Marga. Hasil dari penelitian ini di peroleh bahwa di jalan raya Mastrip untuk identifikasi tingkat kerusakan adalah sebanyak 7 STA dengan angka kerusakan 1, 30 STA dengan angka keruskan 2, serta 8 STA dengan angka kerusakan 5. Untuk metode perbaikan yang akan digunakan berdasarkan Bina Marga yaitu menggunakan metode overlay dan patching dengan pemeliharaan berkala.

Published
2025-04-14
How to Cite
[1]
S. Santoso, I. Ikhwanuddin, and Y. Sriwahyuni, “IDENTIFIKASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DALAM MENENTUKAN METODE PENANGANAN JALAN”, SISTEM, vol. 21, no. 1, pp. 15 - 21, Apr. 2025.
Section
Articles