PENGGUNAAN ALGORITMA PROMETHEE UNTUK PEMILIHAN GURU TELADAN TINGKAT SMU DAN SMK

  • Bayu Firmanto

Abstract

Dinas Pendidikan Kota memiliki misi meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan program-program peningkatan mutu dalam aspek sarana/prasarana, kurikulum, dan ketersediaan guru berkualitas. Dengan mengadakan penilaian guru teladan dengan tujuan  untuk memberikan dorongan agar para guru dapat berprestasi dalam bidang kompetensi. Survey yang diambil dari Dinas Pendidikan Kota  menyatakan bahwa penilaian guru teladan saat ini dilakukan dengan cara manual. Dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan mempermudah proses seleksi penerima beasiswa. Pada penelitian ini, data pemilihan calon guru teladan yang digunakan meliputi data rapot guru yang berisi nilai orientasi pelayan, integritas, komitmnen, disiplin, kerjasama, kepemimpinan, prilaku kerja dan ahlaq. Metode yang diusulkan dalam menyelesaikan masalah pemilihan guru teladan ini adalah metode Prometheee. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa pemilihan calon guru teladan menghasilkan nilai precision, recall, dan accuracy untuk metode PROMETHEE masing-masing adalah 91,19%, 54.31%, 88,41%.

 

How to Cite
[1]
B. Firmanto, “PENGGUNAAN ALGORITMA PROMETHEE UNTUK PEMILIHAN GURU TELADAN TINGKAT SMU DAN SMK”, SISTEM, vol. 12, no. 1, pp. 48-54, 1.
Section
Articles