PERBAIKAN KAPASITAS SIMPANG BERDASARKAN NILAI DERAJAT KEJENUHAN (Jl. Tumenggung Suryo-Jl Sulfat Malang)
Abstract
Persimpangan Jl. Tumenggung Suryo - Jl. Sulfat adalah simpang bersinyal 3 kaki yang mempunyai lalulintas harian yang tinggi karena merupakan pintu masuk ke kota Malang dari Utara. Jalur ini banyak dilewati oleh kendaraan berat, baik yang akan menuju kota Malang, maupun yang akan menuju luar kota Malang. Selain itu, tataguna lahan di sekitar simpang tersebut merupakan campuran antara pemukiman, perkantoran, dan pertokoan.Permasalahan pada persimpangan adalah lamanya tundaan yang terjadi.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melakukan analisis tingkat kinerja simpang dan mencari beberapa alternatif solusi terhadap permasalahan yang ada guna meningkatkan kinerja simpang.Pengambilan data lalulintas dilakukan dengan survei arus lalulintas dan pengukuran kondisi geometrik.Kemudian data diolah menggunakan metode MKJI 1997. Hasil perhitungan menunjukkan, pada kondisi existing kinerja persimpangan perlunya dilakukan perbaikan, karena kinerjanya buruk (tingkat pelayanan F). Perbaikan yang diusulkan untuk persimpangan ini adalah optimasi waktu siklus dan perbaikan geometrik.Optimasi waktu siklus dilakukan dengan merubah waktu siklus dari 96 detik menjadi 195 detik sehingga memperkecil tundaan rata-rata dari persimpangan.Hasil perhitungan kinerja simpang setelah dilakukan perbaikan, terjadi perbaikan tingkat pelayanan dengan adanya penurunan nilai tundaan rata-rata dari 317.28 detik/smp menjadi 147,65 detik/smp
How to Cite
[1]
T. ’, “PERBAIKAN KAPASITAS SIMPANG BERDASARKAN NILAI DERAJAT KEJENUHAN (Jl. Tumenggung Suryo-Jl Sulfat Malang)”, SISTEM, vol. 11, no. 2, pp. 73-79, 1.
Issue
Section
Articles
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.