PENERAPAN PENILAIAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MAHASISWA JURUSAN KIMIA FMIPA UM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan penilaian kognitif dan afektif pada pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD matakuliah Kimia Organik II pada mahasiswa S-1 kimia jurusan kimia FMIPA UM, (2) mengetahui penerapan penilaian kognitif dan afektif pada pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD matakuliah Kimia Organik II pada mahasiswa S-1 kimia jurusan kimia FMIPA UM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan pra-eksperimen (Pra-Experiment Design), dimana penelitian hanya melibatkan satu kelompok subjek. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S-1 jurusan Kimia off G dengan jumlah mahasiswa sebanyak 41 orang. Pemahaman mahasiswa diukur dengan tes pilihan ganda secara online yang terdiri dari 40 item. Rata-rata nilai kognitifnya cukup tinggi, Sedangkan rata-rata nilai afektif mahasiswa adalah tinggi. Motivasi mahasiswa cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran ini, sedangkan untuk kepuasan mahasiwa diperoleh hasil yaitu: mahasiwa merasa puas mengikuti pembelajaran ini.
Published
2016-11-22
How to Cite
[1]
E. Yuniarto, “PENERAPAN PENILAIAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MAHASISWA JURUSAN KIMIA FMIPA UM”, SISTEM, vol. 12, no. 2, pp. 123-133, Nov. 2016.
Issue
Section
Articles
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.