PENERAPAN PENILAIAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MAHASISWA JURUSAN KIMIA FMIPA UM

  • Eko Yuniarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan penilaian kognitif dan afektif pada pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD matakuliah Kimia Organik II pada mahasiswa S-1 kimia jurusan kimia FMIPA UM, (2) mengetahui penerapan penilaian kognitif dan afektif pada pembelajaran blended learning berbasis moodle dalam kooperatif STAD matakuliah Kimia Organik II pada mahasiswa S-1 kimia jurusan kimia FMIPA UM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan pra-eksperimen (Pra-Experiment Design), dimana penelitian hanya melibatkan satu kelompok subjek. Populasi penelitian ini adalah  mahasiswa S-1 jurusan Kimia off G dengan jumlah mahasiswa sebanyak 41 orang. Pemahaman mahasiswa diukur dengan tes pilihan ganda secara online yang terdiri dari 40 item. Rata-rata nilai kognitifnya cukup tinggi, Sedangkan rata-rata nilai afektif mahasiswa adalah tinggi. Motivasi mahasiswa cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran ini, sedangkan untuk kepuasan mahasiwa diperoleh hasil yaitu: mahasiwa merasa puas mengikuti pembelajaran ini.
Published
2016-11-22
How to Cite
[1]
E. Yuniarto, “PENERAPAN PENILAIAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MAHASISWA JURUSAN KIMIA FMIPA UM”, SISTEM, vol. 12, no. 2, pp. 123-133, Nov. 2016.
Section
Articles