KAJIAN DAMPAK LALU LINTAS UNIVERSITAS WISNUWARDHANA MALANG
Abstract
Universitas Wisnuwardhana merupakan rumah bagi 6 (enam) fakultas unggulan, yaitu Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik. Dengan banyaknya mahasiswa baru setiap tahunnya, penyelenggaraan pendidikan tinggi di Universitas Wisnuwardhana harus terus melakukan peningkatan dan evaluasi termasuk di dalamnya lingkungan, sarana, serta prasarana pendidikan. Salah satu hal yang seringkali luput dari perhatian adalah pemikiran bahwa semakin banyaknya mahasiswa maka Universitas Wisnuwardhana juga berkontribusi terhadap pergerakan lalu lintas terutama di jaringan jalan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana. Maka sudah seharusnya menjadi tanggung jawab moril bagi Universitas Wisnuwardhana untuk turut menjaga kondisi lalu lintas di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana agar tetap kondusif sesuai dengan standar kenyamanan dan keselamatan lalu lintas, yang dapat dilihat dari parameter berupa tingkat pelayanan jalan dengan melakukan kajian dampak lalu lintas dengan menggunakan MKJI 1997. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting jaringan jalan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana, mengetahui dampak penyelenggaraan pendidikan tinggi terhadap kinerja dan tingkat pelayanan jalan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana, menetapkan pengaturan parkir yang sesuai dengan kebutuhan parkir civitas academica Universitas Wisnuwardhana saat ini, mengetahui kondisi jaringan jalan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana 5 tahun mendatang, dan menetapkan rencana implementasi dan penanganan dampak yang terjadi untuk mempertahankan dan memperbaiki tingkat pelayanan jalan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana. Pada kajian ini didapatkan kondisi eksisting jaringan jalan di sekitar Universitas Wisnuwardhana saat ini berada pada tingkat pelayanan LoS=A untuk ruas jalan dan LoS=B untuk persimpangan. Dampak penyelenggaraan kegiatan kampus Universitas Wisnuwardhana tidak berdampak besar terhadap menurunnya tingkat pelayanan di jaringan jalan sekitar Universitas Wisnuwardhana. Ketersediaan parkir Universitas Wisnuwardhana saat ini sudah mencukupi kebutuhan parkir dengan melakukan pengaturan parkir sesuai dengan rekomendasi yang diberikan, yaitu sebesar 229 SRP-R2 dan 26 SRP-R4. Kondisi jaringan jalan di sekitar kampus Universitas Wisnuwardhana 5 tahun mendatang berada pada level tingkat pelayanan yang sama, yaitu LoS=A untuk ruas jalan dan LoS=B untuk persimpangan. Rencana implementasi dan penanganan dampak lalu lintas dapat dilakukan dengan cara merevitalisasi marka parkir, memasang cermin cembung di Simpang PDAM, menambahkan pita kejut di ruas Jl. Danau Sentani, merevitalisasi penerangan jalan, dan memasang CCTV.
Published
2019-04-02
How to Cite
[1]
L. K. Wardani and D. Agung S, “KAJIAN DAMPAK LALU LINTAS UNIVERSITAS WISNUWARDHANA MALANG”, SISTEM, vol. 15, no. 1, pp. 11 - 18, Apr. 2019.
Issue
Section
Articles
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di Sistem : Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik setuju dengan ketentuan berikut : Bahwa jika manuskrip yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta milik Penulis, Jurnal SISTEM hanya sebagai penerbit artikel dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.